Kaleb: 40 tahun penantian

Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, kepadanya: “Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah itu, tentang aku dan tentang engkau di Kadesh-Barnea. Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya. Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.

Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”
Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.

Yosua 14:6-13 (TB)

Kaleb adalah salah seorang dari 12 pengintai yang diutus Musa untuk mengintai daerah Kanaan, tempat yang akan mereka rebut. Ia juga menjadi salah seorang Israel yang mencicipi tanah perjanjian yang Tuhan berikan. Ketika kembali dari pengintaian itu, Ia dan Yosua menyaksikan kepada bangsanya bahwa tanah Tuhan berikan itu sangat subur dan sangat baik adanya. Namun, 10 dari mereka lebih menyaksikan betapa menakutkannya negeri itu, karena negeri itu penduduknya tinggi besar. Mereka sangat ketakukan sehingga mempengaruhi semua orang, sehingga seluruh bangsa tawar hati dan bersungut kepada Musa.

Tuhan marah kepada bangsa ini, sehingga Ia menyatakan bahwa seluruh orang di angkatan itu tidak akan masuk ke tanah yang Ia janjikan, mereka dihukum berkeliling di padang gurun selama 40 tahun.

Tetapi, Tuhan mengingat Yosua dan Kalem. Kepada mereka, Tuhan akan membawa mereka masuk ke tanah yang Ia janjikan. Tapi, meskipun demikian, selama 40 tahun, Kaleb dan Yosua mengalami hukuman yang sama yang ditanggung seluruh bangsa yang di hukum, yaitu mereka turut berkelana di padang gurun selama 40 tahun.

Hingga, pada masanya tiba, setelah 40 tahun. Allah menghantar mereka masuk ke tanah Kanaan.

Begitu memasuki Hebron, Kaleb terkenang 40 tahun, karena ketidakpercayaan bangsanya, akhirnya mereka harus menanggung hukuman.
Perkataan Kaleb di Yosua 14:6-13 memperlihatkan betapa Ia tidak melupakan janji Allah. Walau saat itu usianya mencapai 80 tahun, Ia masih memiliki semangat dan keberanian yang sama seperti 40 tahun yang lalu. 40 tahun berkeliling di padang gurun, hal itu tidak membunuh kepercayaan Kaleb kepada janji Allah (Bil 14:30)

Renungan:

Kadang kita menemui “naik-turun” dalam kehidupan rohani kita. Bagaimana keadaannya sekarang? Setelah mengalami banyak kesulitan hidup, apakah kita mengalami iman kita semakin diteguhkan? atau apakah kita mendapati iman kita tergantikan oleh pikiran-pikiran skeptis?

Iklan

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s