Doa sebagai Hak Istimewa

Kewajiban orang Kristen untuk berdoa diimbangi dengan fakta bahwa doa adalah hak istimewa.

Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. (Rom 5:1-2)

Dalam masa perjanjian lama, ada tirai yang memisahkan, antara hadirat Allah di ruang maha kudus (kemah suci), dengan ruang suci. Saat umat-Nya mau berdoa, ada jarak yang harus mereka taati, supaya jangan sampai mereka melanggar kekudusan Allah. Hanya imam besar saja yang bisa masuk ke ruangan maha suci, 1x dalam 1 tahun. Tapi, ketika Yesus disalib, terjadilah gempa dan pada saat itu, tabir bait suci terbelah. Dengan demikian, kematian Kristus, telah membuka jalan bagi kita untuk menghadap Allah. Ini menjadi undangan untuk kita menghadap hadirat Allah lewat doa kita.

Dulu, orang harus sedemikian “sulitnya” untuk bisa berdoa kepada Allah. Tapi kini, orang Kristen telah menerima pendamaian dengan Allah, sehingga ia bisa menaikkan doa-doanya langsung. Ini sebuah hak istimewa. Tapi, sayangnya, banyak orang Kristen justru menjadikan doa sebagai beban.

Ada harga yang sangat mahal yang harus dibayar, sehingga kita bisa berdoa dengan memanggil “Bapa”, yaitu oleh darah-Nya yang tercurah diatas kayu salib. Oleh sebab itu, mari kita dengan penuh kesadaran, memelihara waktu-waktu doa kita. Mengerti bahwa doa bukan sekedar kewajiban. Tapi, ia juga adalah hak istimewa yang diterima oleh orang percaya, yang sudah didamaikan, sehingga kita bisa berdoa langsung kepada-Nya, dengan menyebut “Bapa”.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s