Stephen Tong: Seminar Keluarga 2012

Otak kita: created, limited & polluted.
create: tidak seharusnya kita membandingkan pikiran kita dengan pikiran Allah
limited: tidak seharusnya kita menganggap semua yg kita pikirkan adalah mutlak
poluted: tidak seharusnya kita mempercayai pikiran kita sepenuhnya.

Jewish family by C.W. Eckersberg, 1818Memang tidak ada pendidikan khusus dalam mendidik anak. Tapi meskipun demikian, kesuksesan dalam mendidik anak tidak ditentukan oleh bagaimana kehidupan orang tua itu sendiri. Orang tua yang sukses dalam mendidik anak adalah orang tua yang hormat dan takut kepada Allah dan mampu mengajarkan itu kepada anak-anaknya.

Semua talenta dan harga yang dimiliki adalah pinjaman. Ia tidak kekal dan dapat binasa. Tetapi anak adalah pusaka yg sungguh-sungguh. Ia tidak bisa binasa, dimana suatu kali ia harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya. Apa yang terjadi jika Tuhan mempercayakan seorang anak untuk didik dan kita gagal melakukannya? Ia berhadapan dengan tahta pengadilan yang kekal. Oleh sebab itulah kita harus mendidik anak2 kita dengan ‘gentar’ dan sungguh-sungguh.

Oleh sebab itu, hal yg paling bisa menghibur dan mengecewakan kita saat kita tua adalah anak. Orang tua akan terhibur kalau bisa melihat anaknya tumbuh menjadi anak baik dihadapan Tuhan. Tapi juga sebaliknya, betapa orang tua akan begitu sedih kalau melihat anaknya jahat dimata Tuhan.

Grace of God demands human responsibility. the more you’re giveted, the more you’re demanded.
Seseorang yg mendapat lebih banyak karunia, dia harus memacu diri lebih keras lagi untuk mengerjakannya.

Apakah yang Tuhan percayakan kepada kita sekarang. Ada harta? waktu? kesehatan? Semuanya dikaruniakan kepada kita sebagai modal untuk kita mengerjakan sesuatu untuk kekekalan. Begitu juga halnya saat kita mendidik anak. Itu bagaikan sebuah investasi yang akan kita bisa lihat hasilnya dikemudian hari.

Lingkungan Tumbuh Anak

Lingkungan tumbuh anak juga adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan anak. Lingkungan yang baik untuk pertumbuhan anak adalah bukan lingkungan 100%. Tapi justru yang didalamnya ada “bahaya-bahaya”, yang bisa menjadi ujian yang membentuk pertumbungan anak. Bahkan taman eden dicipta didalamnya ada ular dan pohon pengetahuan baik dan jahat.

Dengan demikian, kiranya orang tua tidak merenggut kesempatan anak untuk belajar dengan memberikan perlindungan total (over protective) kepada anak. Anak akan bertumbuh menjadi anak yang rapuh dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang ia temui saat ia dewasa.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s