KKR Bandung 2011 – Day 2: Relasi Manusia dengan Sesama

Setelah dihari pertama banyak dibahas bahwa betapa manusia itu lebih mulia dari pada segala materi. Segala yang ada didunia dicipta untuk manusia. Manusia dicipta segambar dengan rupa Allah. Dan tidak seperti binatang, kepada manusia diberikan akal budi dan pengertian untuk mengerjakan dunia ini.

Dengan demikian, manusia lebih tinggi dari pada binatang dan benda apapun. Namun, alkitab mencatat, ada saat dimana manusia lebih rendah & bodoh daripada binatang.

Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi, sebab TUHAN berfirman: “Aku membesarkan anak-anak dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak terhadap Aku. Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya.”

Pada saat Nuh, memberitakan keselamatan kepada orang-orang. Tidak ada yang yang percaya. Setelah 120 tahun Nuh menginjili, akhirnya hanya istri, 3 anaknya beserta mantunya yang diselamatkan. Saat Nuh memanggil orang-orang untuk masuk bahtera yang ia bangun, tidak seorangpun mau masuk. Semua orang menganggapnya sebagai seorang gila. Bahkan binatang-binatang mau masuk bahtera saat Nuh memanggilnya.

Seringkali orang lebih menghargai materi dari pada menghargai sesamanya. Tidak sungkan untuk memanfaatkan/menipu sesamanya untuk mendapatkan materi lebih. Saat itulah manusia dinilai rendah.

Dengan demikian, janganlah kita menilai seseorang hanya karena dia miskin/cacat/bodoh. Orang yang kaya belum tentu ia lebih tinggi dari orang miskin. Dari murid-murid Yesus yang mungkin hampir setiap hari selalu bersama selama 3.5 tahun, didetik-detik terakhir masih saja ada yang berpikir “jasmaniah”, berharap kerajaan Israel dipulihkan, tidak menyadari Kerajaan Sorgawi yang Ia janjikan. Namun, justru orang pertama yang melihat Yesus sebagai Raja Sorgawi adalah seorang penjahat yang disalib bersamaNya.

Orang jahat tidaklah selalu jahat. Seringkali orang jahat yang bertobat bisa lebih rohani dibanding mereka yang bertahun-tahun melayani.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s