KKR Bandung 2011 – Day 1: Relasi Manusia dengan Dunia

Hari ini adalah hari pertama dari rangkaian KKR Bandung 2011 oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Ada 3 tema utama yang akan menjadi pokok pembahasan:

  1. Relasi manusia dengan dunia
  2. Relasi manusia dengan sesama
  3. Relasi manusia dengan Allah

Relasi Manusia dengan Dunia

Manusia tercipta sesuai dengan gambar Allah, kepadanya juga diberikan suatu karunia untuk berpikir, menimbang dan menyelidik segala sesuatu yang ada di dunia. Bahkan dari segala ciptaan, hanya manusia yang memiliki kemampuan itu.

Matahari, bulan, bintang, binatang, tumbuhan … segala yang di dunia ini tercipta untuk manusia. Untuk dikerjakan, digunakan, diolah, dipelihara dan diselidik.

Jika seseorang menemukan sebuah penemuan baru (listrik misalnya). Apakah listrik itu sebelumnya tidak ada? listrik itu sebelumnya sudah ada, ia hanya diberikan pengetahuan tentang listrik itu.

Dalam setiap ciptaan yang Tuhan ciptakan, ada rahasia yang Ia taruh didalamnya untuk kita selidiki. Pada saat orang menyelidiki, Tuhan bukakan pengetahuan itu sehingga ia yang menyelidiki mengetahui rahasia itu. Orang Yunani menggunakan kata scio (yang berarti “aku tahu”),  diserap kedalam bahasa inggris menjadi science.

Dengan demikian, segala sesuatu yang kita ketahui (atau bahkan miliki) adalah sesuatu yang Tuhan ijinkan untuk kita ketahui. Jadi tidak ada alasan bagi manusia untuk menyombongkan diri dengan apa yang ia temukan/ketahui. Tapi sebaliknya segala ilmu (science) yang kita terima seharusnya menjadi sesuatu yang membuat kita semakin memuliakan Tuhan.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s