2 of 40 Days to Excellent Life

Use your time wisely! Be organized!

Waktu adalah salah satu pemberian berharga dari Tuhan. Dan kalau kita bisa menggunakan waktu secara efektif, kita menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang relatif singkat.

Me-manage pekerjaan dan waktu memang butuh latihan dan pembiasaan diri. Tapi satu hal yang menjadi perhatian saya adalah pengalih perhatian. Pernahkan Anda memulai hari dengan semangat, semuanya telah tersusun dengan rapi, tapi saat duduk didepan meja kejar, selalu saja ada hal-hal yang pengalihkan perhatiaan kita. Masalah keluarga, masalah pribadi, masalah dengan teman, atau bahkan hal-hal kecil sekalipun seperti check account facebook, atau sekedar iseng main game mungkin, check email pribadi, baca berita pagi, baca forward email yang dirasa menarik, cari beberapa link untuk didownload, … tak terasa, 1-2 jam berlalu.

Begitu seterusnya, … hal-hal kecil selalu datang mengalihkan perhatian kita, sehingga sering kali dalam sehari waktu kerja kita, hal-hal tersebut membuat kita kehilangan lebih dari separuh waktu kerja.

Akhirnya, sampai waktu pulang pun pekerjaan yang seharusnya dibereskan hari ini, tidak bisa diselesaikan. Pulang dari kantor meninggalkan pekerjaan yang terpaksa harus ditunda sampai esok. Sampai ke rumah, buka TV, buka game … tak terasa 2-3 jam berlalu. Akhirnya, kita terlalu lelah untuk membaca alkitab dan berdoa.

Padahal, coba bayangkan jika kita bisa menggunakan waktu kita se-optimal mungkin. Banyak hal yang kita bisa selesaikan dalam 1 hari, dan dalam 1 tahun, akan lebih banyak hal lagi yang kita bisa hasilkan. Dan setiap waktu luang yang kita miliki, kalau kita bisa gunakan untuk pengembangan diri (misalnya), kita akan melihat betapa banyaknya perubahan yang akan kita alami dalam 1 tahun. Konon, kalau kita misal mau nyisihkan waktu 1 jam saja setiap harinya untuk membaca buku (bukan sekedar buku cerita), dalam 3 tahun, ia bisa dibilang setara dengan mereka yang memiliki jenjang pendidikan S2.

Oleh sebab itu:

Hari ini, saya belajar menyangkal diri berbagai keinginan yang mengalihkan perhatian saya kepada perkara-perkara kurang penting.

Play less than 1 hour a day.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s