KKR Stephen Tong 2008: Day 1 – Common Grace

Bagi mereka yang mengenal teologia reform, mungkin ini adalah salah satu event tahunan yang ditunggu-tunggu. Mengawali serangkaian KKR selama 3 hari di SABUT ITB, Bandung. Pemberitaan Firman Tuhan dibuka dengan tema Anugerah Tuhan.

Anugrah Tuhan, secara umum dibagi menjadi dua bagian. Anugerah umum (Common Grace), dan anugerah khusus/keselamatan (special/saving grace).

Anugerah umum adalah anugrah Tuhan yang diberikan kepada semua orang, tanpa terkecuali. Orang jahat dan orang baik, orang percaya Tuhan dan ateis, orang jujur dan koruptor, … Semua mendapat kemurahan Tuhan. Artinya, ada orang jahat lebih kaya dari pada orang baik, ada koruptor yang kesehatannya lebih baik dari pada orang jujur, dan ada orang percaya Tuhan yang hidupnya lebih menderita dibanding orang ateis. Seperti halnya matahari yang memberikan sinarnya bagi semua orang. Demikian juga sifat anugrah umum ini. Kadang kita melihat, anugerah itu diberikan lebih banyak kepada orang jahat. Jikalau demikian, untuk apakah kita percaya kepada Tuhan?

Rasul Paulus adalah seorang rasul besar yang dipakai Tuhan dengan sangat luar biasa, namun Tuhan ijinkan ada duri dalam hidupnya. Walau ia berseru kepada Tuhan untuk mencabut duri yang ada dalam dagingnya (2 Kor 2:7-8), namun jawaban Tuhan adalah:

Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu,
sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna
2 Kor 2:9

Anugerah Allah adalah cukup bagi kita. Jikalau berbicara soal harga, ada yang miskin, dan ada yang kaya. Mereka yang diberi kekayaan lebih, mungkin karena ia adalah seseorang yang tidak dapat bertahan hidup dengan kekayaannya, tapi ada orang yang dikaruniakan kesehatan dan daya juang yang hebat, sehingga kepadanya tidak lagi dikaruniakan kekayaan. Demikian anugerah umum diberikan kepada semua orang. Namun, tetap selalu ada kehidupan yang tidak puas dengan segala yang telah mereka terima.

Jika memang semua orang menerima anugerah, lalu apa yang membedakan kita sebagai orang percaya. Malahan, saat orang menjadi percaya malah sering kali muncul berbagai masalah. Saat kita mulai mau belajar untuk bertekun dalam Tuhan, berbagai pencobaan datang. Tapi justru disinilah Tuhan menyatakan suatu anugerah yang khusus, yaitu anugerah keselamatan. Suatu anugerah yang bukan sekedar perkara jasmani, tapi kehidupan yang kekal, keselamatan.

Anugerah tersebut terkadang datang dalam bentuk sakit penyakit, teguran Firman Tuhan, atau bahkan musibah. Semuanya boleh diijinkan terjadi dalam hidup kita mendapat bagian dalam kemuliaan Tuhan.

Setiap orang yang kepadanya banyak diberi,
dari padanya akan banyak dituntut,
dan kepada siapa yang banyak dipercayakan,
dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.
Luk 12:48

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s