KKR Bandung 2007 – Hari ke-3 – Dia Hakim

KKR hari ke-3. Masih dengan tema “Siapakah Yesus?” dengan sub tema Dia Hakim.

Dia adalah seseorang yang pengasih, tapi ada saat dia akan menjadi seorang hakim yang tegas dalam melaksanakan keadilan. Hal itu dijelaskan dalam sebuah perumpamaan:

Pada suatu saat, seorang raja sedang dalam perjalanan “santai”. Dijalan, dia bertemu dengan sekelompok orang yang menangkap seorang pencuri. Mereka membawanya dan kehadapan raja. Kata mereka: “Raja, kami menangkap seorang pencuri. Hukuman apa yang harus kami berikan kepada mereka?”

Karena ceritanya raja sedang out of duty, akhirnya ia tidak menghakimi orang tersebut dan melepaskannya.

Setelah lewat beberapa masa, perampok itu tidak bertobat dari kesalahannya, ia kembali merampok, ia tertangkap, dan kembali dihadapkan kepada raja.

Kali ini raja berada ditahtanya. Dan perampok itu harus berhadapan dengannya sebagai hakim. Perampok itu tampak cengengesan, ia tahu bahwa raja adalah seorang yang baik.

Raja berkata, “Hai, dimana hormatmu? Dulu aku melepaskanmu karena saat itu aku tidak pada tahtaku. Tapi kau tidak menggunakan kesempatan itu dengan baik. Sekarang kamu pasti dihukum …”

Intinya adalah, kita melakukan banyak sekali kesalahan – dosa. Namun sepertinya Tuhan tidak menghukum kita. Kita mungkin saja tidak mengindahkan kesempatan itu. Tapi ada saatnya Ia akan mengadili kita, meminta pertanggungjawaban atas setiap perbuatan kita yang diluar kehendaknya.

Akan ada saat dimana Tuhan tidak akan lagi mentolelir dosa kita. Penghakiman itu akan terjadi, dan hal itu akan dimulai dari kalangan orang-orang percaya.

============================================================

Selama 3 hari KKR. Ada banyak hal yang didapat, tapi sedikit saja hal yang bisa saya tuliskan secara literal dalam BLOG ini.

Diterbitkan oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s