Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. (1 Timotius 4:8)

Sebagaimana olah raga itu baik bagi tubuh, begitu juga dengan doa. Ia bagaikan olah raga bagi jiwamu. Manfaat:

  1. Latihan untuk merendahkan diri
  2. Latihan menyangkal diri
  3. Melatih kepekaan hati
  4. Melatih ketekunan
  5. Mengerti isi hati Tuhan

Seringkali kita berdoa sungguh-sungguh hanya untuk memohonkan pertolongan, pengambilang keputusan, atau jika kita dalam suatu masalah yang yang pelik. Jika demikian, secara tidak langsung kita berpikir bahwa untuk masalah kecil kita tidak perlu berdoa. Itulah suatu yang tidak berkenan dihadapan Tuhan. Jika Anda memiliki seorang teman yang hanya datang pada waktu mau minta tolong, apakah menurut Anda itu baik?

Dengan demikian, berdoa bukan tentang meminta dan mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi doa adalah tentang persekutuan dengan Tuhan dan mengerti isi hati Tuhan.

Jadi kita mendapatkan jawaban “Tidak” untuk doa kita, itu berarti, Ia melihat bahwa dengan cara semikianlah nama Tuhan boleh dimuliakan. Namun, jika kita mendapat jawaban “Ya” itu berarti kita (sekedar) bersukacita karena keinginan terkabul, tapi kita harus sungguh-sungguh mencari tahu, apa kehendak dan rencana kemuliaan Tuhan ingin dikerjakan melalui pengabulan doa tersebut.

Jadi …

Buat apa kita berdoa?
Supaya melalui jawaban doa itu nama Tuhan dimuliakan.

About these ads